Rabu, 29 Februari 2012

Topologi Jaringan


Topologi jaringan
Topologi jaringan adalah gambaran bagaimana menghubungkan komputer satu dengan yang lain.
Topologi yang banyak antara lain sebagai berikut.

1. Topologi Bus
Dengan ini komputer di hubungkan secara berantai (daisy-chain) dengan perantara suatu kabel yang umunya berupa
kabel tunggal jenis koaksial. Ujung - ujung dari kabel koaksial harus ditutup dengan tahanan (termination resistor)
untuk menghindari pentulan yang dapat menimbulkan gangguan yang menyebabkan kemacetan jaringan.
Ujung kabel yang kekomputer menggunakan konektor BNC. Pada setiap network adapter (LAN card) dipasang konektor BNC tipe T yang bercabang. Kabel koaksial tersebut dihubungkan satu dengan yang lainnya dengan konektor ini.
Topologi ini mudah dipasang dan murah, namun apabila terjadi sesuatu terhadap salah satu komputer, maka komputer yang lainnya kemungkinan akan terganggu. Kecepatan yang bisa di capai hanya 10 Mbps.




2. Topologi Bintang (star)

Topologi star menggunakan hub/switch. Semua komputer dihubungkan ke hub/switch tersebut. Hub/switch berfungsi untuk menerima sinyal - sinyal dari komputer dan meneruskan ke semua komputer yang berhubungan dengan hub/switch tersebut. Jaringan dengan topologi ini lebih mahal dan cukup sulit pemasangannya. Setiap komputer mempunyai kabel sendiri - sendiri sehingga lebih mudah dalam mencari kesalahan pada jaringan. Kabel yang digunakan biasanya menggunakan kabel UTP CATs.



3. Topologi star-Bus (Tree)
Topologi star-bus adalah topologi gabungan star dan bus. Topologi ini yang paling banyak dipakai pada jaringan konator yang lebih besar. Komputer - komputer dihubungkan ke hub/switch, kemudian hub/switch yang satu dihubungkan dengan hub/switch yang lainnya.


4. Topologi Lingkaran (Ring)
Topoligo ini mirip topologi bus hanya saja ujung - ujungnya saling berhubungan membentuk lingkaran. Topologi ting ini diperkenalkan oleh IBM untuk mendukung protokol token ring yang diciptakan IBM.



5. Topologi Mesh
Jaringan dengan topologi mesh mempunyai jalur ganda dari setiap peralatan di jaringan komputer. Semakin banyak komputer yang terhubung semakin sulit untuk pemasangan kabelnya. Karena itu, jaringan mesh yang murni, yaitu setiap peralatan dihubungkan satu (backup) untuk hubungan - hubungan utama sebagai jalur cadangan jika terjadi kesulitan di jalur utama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar