Rabu, 29 Februari 2012

Perakitan PC Versi Faldy


Perakitan Personal Komputer (PC) versi Faldy

Spesifikasi :
- Prosesor Intel Pentium 4
- Motherboard Abit IC7-G
- RAM Two 512MB Kingston HyperX PC3200 DIMMs
- CPU Cooler Vantec AeroFlow VP4-7040
- VGA ATI Radeon 9800 256MB
- OPtical Drive Sony DRU510A
- Sound Card Creative Labs Sound Blaster Audigy 2
- Case CaseArts Super Flower
- Power Supply Antec True480 (480 watt)

PEMASANGAN PROSESOR

1. Angkat tuas ZIF (zero insertion force) agar anda dapat memasang prosesor


2. Pastikan chip Pentium 4 yang sudutnya kehilangan dua pin berada pada sudut yang tepat pada solet prosesor

3. Masukkan prosesor dan kunci tuas ZIF

4. Gunakan sedikit saja heat-sink paste bila dibutuhkan. (beberapa heat-sink sudah memiliki lembar thermal tape, sehingga anda tidak memerlukan pasta ini). Bila anda menggunakan thermal paste, pastikan pasta ini tersebar rata secara tipis di seluruh permukaan heat spreader Pentium 4.


5. Heat-sink Vantec AeroFlow menggunakan slot metal tekan tunggal.


6. Pastikan konektor daya heat-sink fan telah terhubung.

PEMASANGAN MEMORY



1. Pastikan lubang pada bagian konektor modul memory DDR sejajar dengan kunci yang ada di soket. Pastikan klip penahan DIMM terbuka.


2. Tekan DIMM ke bawah hingga klip penahan berada di tempat yang semestinya. Karena motherboard ini mendukung memory dual kanal, kami memasang modul kedua.

PEMASANGAN MOTHERBOARD


1. Salah satu kenikmatan dari merakit PC adalah kebebasan berekspresi. Kami menggunakan case Super Flower yang dibuat oleh teman - teman dari CaseArts.


2. Case ini memiliki tray motherboard dan harddisk yang dapat dilepas. Fitur seperti ini mempermudah konstruksi dan upgrade (nantinya).


3. Pastikan anda memasang ATX I/O shield sebelum anda memasang motherboardnya.


4. Secara perlahan letakan motherboard pada mount point dengan menggunakan sekrup yang tepat. (inset) mount point biasanya berupa dudukan kuningan pada case. Bila anda menggunakan case baru, biasanya mount point-nya belum terpasang, dan anda harus menempatkan pada posisi yang tepat dengan lubang pada motherboardnya.


5. Pasang konektor panel depan, terutama switch power dan reset, Buku panduan motherboard adalah teman anda, ikuti instruksi penempatan dengan hati - hati.


6. pasang konektor daya. Konektor bujursangkar menangani daya prosesor dan yang persegi panjang besar untuk menangani daya lain.

PEMASANGAN HARD DISK


1. Cari konektor SATA ICH5r. Pasang satu kabel SATA pada setiap konektor. Tidak hanya Serial ATA lebih cepat dari Pararel ATA, tapi kabelnya yang lebih ramping
meningkatkan sirkulasi udara dan kemudahan modifikasi dalam case.


2. Pindahkan dari bay dari case dan pasang hard disk didalamnya dengan posisi konektor menghadap ke bagian dalam case. Posisikan lubang side mount dengan lubang pada drive bay. Kencangkan hard disk dengan menggunakan sekrup yang disediakan oleh case.


4. Hubungkan konektor daya dan kabel drive SATA ke hard disk. Tidak seperti drive ATA lama, pada drive SATA masing - masing konektor meiliki kabel sendiri.

PEMASANGAN DRIVE OPTIK

1. Drive optik dipasang langsung kedalam casing tanpa rail. Tinggal memasukan drive dalam case dan eratkan dengan sekrup yang tepat.


2. Pasang kabel daya dan IDE sert kabel CD-Audio dan audio digital S/PDIF di belakang drive optik.


3. Hubungkan kabel IDE dengan konektor IDE secondary. Jangan menggunakan konektor primary atau sistem akan mem-boot langsung dari drive optik.

PEMASANGAN KARTU GRAFIS


1. Dengan slot AGP pada motherboard ini adalah slot ekspansi terdekat dengan prosesor, biasanya terletak paling jauh dari belakang case di bandingkan konektor PCI lainnya. Letakkan graphics card pada slot, kemudian tekan. Eratkan dengan sekrup yang tepat.


2. ATI Radeon 9800 sama seperti graphics card high end lainnya, membutuhkan koneksi terpisah dari power supply, karena card ini menggunakan daya lebih dari yang mampu disediakan oleh slot AGP. Radeon kami menggunakan konektor hard disk 4 pin berukuran besar, card lain mungkin membutuhkan konektor floppy yang lebih kecil.

PEMASANGAN KARTU SUARA



1. Cari slot PCI yang bebas dan letakan sound card pada slot itu. Tekan perlahan - lahan hingga masuk dengan baik, kemudian eratkan dengan sekrup.


2. Hubungkan kabel audio CD dan S/PDIF pada sound card.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar