Selasa, 10 April 2012

Backup dan Restore Aplikasi HP Android


Para pecinta ponsel android tentunya punya koleksi aplikasi favorit masing2 bukan? dan bagi yang suka mengupdate ponsel androin ke ROM yang terbaru, atau bagi yang suka me-reset ponselnya ke sistem bawaan asli, tetapi kepingin menyimpan kembali semua aplikasi .apk di ponsel android ke komputer. Banyak sekali aplikasi yang ada di market android (Google play), tapi kebanyakan darinya hanya bisa membackup/merestore aplikasi satu persatu, ada juga aplikasi seperti Titaium backup tapi aplikasi ini berbayar alias tidak gratis.
Saya lebih suka membackup aplikasi di ponsel android saya ke kekomputer ketimbang membackupnya ke memori card yang ada diponsel, jadi kita lebih aman untuk punya backupnya di komputer. Ada sebuah aplikasi kecil yang bernama “APK Batch Installer”, APK Batch Installer yang dikembangkan oleh XDA-Developer akan mengurangi kerumitan untuk membackup dan merestore aplikasi dan game yang ada diponsel android ke komputer kita.

Program potabel ini cukup didownload dan kemudian jalankan untuk memulai membackup atau merestore aplikasi dan game ponsel android kita sebelum diformat atau update ke ROM terbaru. yang perlu kita lakukan adalah menghubungkan perangkat ponsel android melalui kabel USB ke komputer, dan jika ponsel android sudah di root, kita dapat menggunakan akses wifi dan cukup download dan install aplikasi kecil yang bernama adbWireless dari Google play, kemudian centang kotak “ADB Wireless Link” pada Jendela utamanya. USB debug mode perlu diaktifkan pada perangkat android kita, program APK batch intaller ini sangat mudah untuk digunakan dan pilihan opsi juga cukup jelas dimengerti.

Untuk membackup cukup centang pilihan “Batch backup APK” dan tombol “Browse” untuk memilih dimana lokasi untuk menyimpan filenya di komputer. Sedangkan pilihan “Batch intall APK” akan merestore aplikasi yang sudah kita backup dari komputer ke ponsel android kita.

Program ini tidak ada keterangan untuk dapat bekerja pada windows apa, tapi sudah dicoba pada windows 7 dan vista dan dapat berjalan tanpa masalah, silahkan dilihat pada forum diskusi untuk mendownload versi terbaru dari apliasi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar